You are here
Home > Gaya Hidup > Mandi Sekali Sehari Baik untuk Kesehatan

Mandi Sekali Sehari Baik untuk Kesehatan

Mandi dua kali bahkan sampai tiga kali sehari sudah jadi kebiasaan bagi sejumlah orang. Bagi yang hanya mandi sekali sehari, jadi ‘cibiran’ bahkan dicap ‘jorok’. Kondisi ini sudah sebagai rahasia umum, khususnya di Indonesia.

Bak sebuah ‘karma’, belakangan diketahui bahwa mandi sehari sekali justru hal baik. Ini menurut penelitian, sebuah studi fakta tentang mandi, dilansir ilfscience.com beberapa waktu lalu.

Studi ini meneliti sebuah suku primitif Yanomami di pedalaman hutan Amazon. Di sana orang-orang pedalaman itu terbilang jarang bersentuhan dengan air. Katanya, hal tersebut dilakukan bertujuan melindungi diri dari ancaman ‘predator’.

Dengan tidak bersentuhan dengan air, kompleksitas bakteri dalam tubuh mereka menjadi tinggi dan menjadi antibiotik alami bagi tubuh. Hasilnya, tubuh orang-orang suku Yanomami lebih kebal terhadap serangan virus penyakit.

Kompleksitas bakteri sendiri merupakan sekumpulan mikro bioma yang penting untuk kesehatan tubuh. Jika kompleksitas bakteri berkurang, tubuh akan rentan terhadap virus dan penyakit. Apalagi jika orang-orang tersebut berada daerah tropis seperti Indonesia.

Jadi, tetap akan mandi dua kali atau hanya satu kali dalam sehari?
Eits, yang penting tetap harus mandi minimal sekali dalam sehari ya!

***
Top